Pentingnya Keselamatan dan Regulasi Lift Rumah

Lift Rumah

Mempunyai lift rumah sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Apalagi, banyak warga perkotaan yang tinggal di rumah bertingkat. Pertimbangan mereka termasuk demi keamanan penghuni rumah yang masih anak-anak, yang sedang sakit, yang sulit bergerak, hingga manula.

Agar dapat merasakan manfaat lift di dalam rumah, jangan lupakan pentingnya keselamatan dan regulasi terkait kepemilikan lift. Sama seperti instalasi khusus lainnya di dalam rumah, ada aturan yang harus diikuti demi keamanan dan kenyamanan penghuni.

Lift Rumah dan Manfaatnya 

Lift Rumah

Banyak yang beranggapan bahwa keinginan memiliki lift rumah terkait masalah gengsi. Bayangkan, rumah besar berlantai dua dengan lift pasti akan terkesan sangat mewah. Meskipun demikian, ternyata bukan hanya itu manfaat yang jadi pertimbangan banyak orang.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan memiliki lift di dalam rumah. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Menghemat tenaga dan waktu.

Ini bukan perkara malas bergerak. Ada kalanya Anda butuh bergerak cepat karena sedang sibuk oleh banyak kegiatan. Daripada berlama-lama naik dan turun tangga, lebih enak kalau ada lift rumah.

  1. Memudahkan mobilitas.

Memang, anak-anak kecil dan manula lebih rentan jatuh saat menggunakan tangga. Namun, orang dewasa yang sehat juga tetap membutuhkan lift di rumah. 

Misalnya: saat Anda lupa harus membawa barang ke kantor, tetapi barangnya ada di lantai dua. Daripada terlambat sampai tujuan, naik lift untuk mengambil barang tersebut lebih cepat dan mudah.

  1. Investasi kesehatan jangka panjang.

Kita semua tahu, semua manusia akan menua. Belum tentu kondisi kesehatan kita akan tetap sama. Bila dulu masih kuat berlari naik dan turun tangga, begitu tua tidak bisa lagi. Nah, karena itulah, punya lift di rumah bisa mempersiapkan diri menghadapi saat itu nanti.

  1. Menaikkan harga jual rumah atau properti yang bersangkutan.

Rumah besar berlantai dua saja sudah cukup mewah dan terlihat menakjubkan di mata. Adanya lift rumah makin menambah nilai jual rumah karena makin menambah kesan mewah, apalagi bila desain lift juga indah.

Alasan Pentingnya Keselamatan Lift Rumah

Lift Rumah

Apa pun alasan Anda untuk memiliki lift rumah, jangan lupakan faktor keselamatan saat menggunakannya. Mengapa? Berikut beberapa alasan pentingnya keselamatan saat menggunakan lift di dalam rumah:

  1. Semua bangunan yang memiliki lift pasti punya potensi kecelakaan.

Baik itu gedung perkantoran, toko, restoran, sekolah, kampus, hingga rumah sakit, properti dengan lift pasti punya potensi kecelakaan, misalnya korslet listrik, hoistway macet, hingga tali gantung lift yang putus.

  1. Berhati-hati saja tidak cukup.

Meskipun sudah berhati-hati saat menggunakan tangga atau lift, musibah bisa saja terjadi. Jangan sampai sudah berusaha menghindari tangga agar tidak terpeleset, saat menggunakan lift rumah malah mengalami musibah yang lain, contoh gangguan berupa lift macet.

  1. Lift tetap harus dirawat agar tahan lama.

Merawat lift tidak hanya mencegah kecelakaan, tetapi juga membuatnya tahan lama. Anda tidak perlu terlalu khawatir setiap kali ada yang menggunakan lift di rumah. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Regulasi Lift Rumah

Regulasi yang mengatur pemakaian lift (termasuk lift rumah) tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017. Regulasi ini membahas mengenai pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Elevator dan Eskalator.

Pasal 5 Ayat 1(c) menyebutkan bahwa lift rumah termasuk dalam pembahasan mengenai keselamatan penggunaan lift. Salah satu persyaratannya adalah tidak perlu dilengkapi dengan pintu kokoh, karena tidak termasuk tempat usaha, melainkan sebuah hunian. Meskipun demikian, hal-hal lain terkait keamanan lift tetap perlu diperhatikan.