Apakah EcoSilent Dibutuhkan untuk Lift Rumah Anda?

Lift Rumah

Beberapa tahun lalu, lift rumah dengan penggerak sekrup generasi ketiga dengan sistem EcoSilent hadir. Sesuai namanya, teknologi baru ini menawarkan lift yang senyap. Selain itu, peningkatan kinerja lainnya juga terjadi pada konsumsi daya serta menghadirkan fitur ramah lingkungan.

Namun, dengan semua kenyamanan tersebut, teknologi ini datang dengan harga yang lebih mahal. Oleh karena itu, artikel di bawah ini mengulas apakah EcoSilent adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Lift Rumah

Screw-Drive Generasi Ketiga

Awal mula kemunculannya, screw-drive terbuat dari kayu; kemudian, yang terbuat dari logam yang muncul pertama kali di abad kelima belas. Penemuan ini berkembang hingga menjadi screw-drive generasi pertama di awal 90-an, yaitu lift mekanis. Di tahun tersebut, lift digerakkan dengan sekrup dengan fungsi mekanis dan analog sehingga hampir tidak menggunakan listrik. Mesin sederhana ini kemudian berkembang ke dua generasi berikutnya.

Generasi kedua bernama CiCon yang merupakan lift rumah pintar dengan sekrup sebagai penggeraknya. Berkat mesin generasi kedua ini, lift dapat berjalan menggunakan software sehingga dapat merekam riwayat error lift, melakukan reset otomatis, memberikan peringatan pada pengguna, sekaligus memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Setelah itu, muncullah generasi ketiganya, yaitu EcoSilent. Lift generasi ketiga yang dikeluarkan oleh Cibes Lift Group didapuk dapat memberikan performa yang lebih baik.

4 Keunggulan EcoSilent

Sebagaimana namanya, EcoSilent unggul dalam hal minimnya kebisingan yang ditimbulkan. Selain itu, terdapat tiga keunggulan lain yang dimiliki oleh screw-driver generasi ketiga ini. Penjabaran dari empat keunggulannya dijabarkan di bawah ini.

  1. Lebih Sedikit Suara: EcoSilent memiliki inovasi dalam hal menghasilkan suara yang lebih rendah daripada generasi sebelumnya. Hal ini didukung oleh adanya silent box yang memiliki bantalan akustik di sekitar motor. Kotak ini mampu mengurangi kebisingan hingga 10 desibel dengan desain yang estetik.
  2. Lebih Sedikit Oli: Berbeda dengan mesin hidraulik, lift dengan penggerak sekrup hanya menggunakan lebih sedikit oli. Oli ini hanya digunakan sedikit pada sekrup dan rel pemandu. Namun, EcoSilent menggunakan roller rel pemandu yang canggih menggantikan gude shoe dasar sehingga lift dapat bergerak mulus tanpa perlu oli.
  3. Lebih Sedikit Daya: Lift dengan penggeran sekrup memang mengonsumsi sedikit daya dan bergerak pada motor 2,2 kW. Namun, EcoSilent bahkan menggunakan motor 1,5kW yang berarti memberikan opsi hemat daya hingga hampir 30%.
  4. Lebih Sedikit Perawatan: Dikutip dari harga lift rumah, rata-rata frekuensi perawatan lift EcoSilent adalah sekali dalam setahun, sedangkan lift lainnya berada pada angka dua kali setahun.

Review EcoSilent untuk Lift Rumah

Jika berencana melakukan pembaruan EcoSilent untuk lift Anda, biaya yang dikeluarkan tidaklah murah, yaitu sekitar 80 juta rupiah. Namun, jika Anda mempertimbangkan penggunaan jangka panjang dan membutuhkan keunggulan yang dijanjikan, harga tersebut seimbang dengan yang akan didapatkan.

Secara singkat, memasang EcoSilent untuk penggunaan rumah Anda akan menghemat listrik hingga 30% dan perawatan hingga 50%. Dalam beberapa tahun mendatang, harga yang dikeluarkan untuk melakukan pemasangan seimbang dengan biaya listrik dan perawatan yang dipangkas.

Jika Anda memiliki villa yang hanya dikunjungi beberapa bulan sekali, EcoSilent bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, lift ini sama sekali tidak membutuhkan oli sehingga Anda tidak perlu repot memanggil teknisi untuk mengganti oli yang sudah kering karena lift yang jangan dipakai.

Berdasarkan penjelasan di atas, memutuskan untuk melakukan pembaruan EcoSilent pada lift rumah bisa menjadi keputusan yang membingungkan. Jika hal ini terjadi pada Anda, pertimbangkan bujet dan kebutuhan atas keunggulan dan manfaat yang akan didapat. Setelah itu, keputusan sepenuhnya berada di tangan Anda.